Rabu, 07 Juli 2010

QUAI 54 - The Biggest International Streetball Tournament



Entertainer Basketball Classic, atau yang lebih dikenal dengan EBC, merupakan turnamen streetball yang diadakan di lapangan streetball legendaris, Rucker Park, Amerika Serikat. Turnamen ini selalu diadakan setiap tahun, dan kerap kali mengundang pemain-pemain streetball ternama, bahkan pemain NBA sekalipun. Akan tetapi, kebanyakan dari pemain-pemainnya merupakan warga negara Amerika itu sendiri, dari pemain level High School, College dan sampai level NBA. Dari turnamen ini, banyak sekali nama-nama besar dilahirkan, sebut saja Rafer Alston A.K.A. Skip To My Lou, Allen Iverson A.K.A. The Answer, Waliyy Dixon A.K.A. Main Event, Larry Williams A.K.A. Bone Collector, dan masih banyak lagi. Well, seperti nya, berita ini sudah tidak asing lagi di telinga para streetballer, kan? Jangan ngaku anak streetball kalau tidak tahu EBC dan Rucker Park, right?
Nahh, sekarang kita tidak akan membicarakan Rucker Park lagi nih. Akan tetapi, kita akan membicarakan salah satu turnamen streetball besar lain, dan pemain-pemain nya banyak berasal dari berbagai negara. Bahkan, turnamen ini sudah diakui sebagai TURNAMEN STREETBALL INTERNASIONAL TERBESAR di dunia. GOKIL gak tuh?

QUAI 54, merupakan nama dari turnamen streetball tersebut. Turnamen ini diadakan setiap tahun nya di kota Paris, Perancis. Hammadoun Sidibe merupakan founder dari Quai 54, dan turnamen ini telah berjalan sejak beberapa tahun terakhir ini. Pada waktu kecil, Hammadoun sangat mengidolakan Michael Jordan, terutama ketika dia menyaksikan sendiri pemain idola nya tersebut bermain bersama “Dream Team” di Olimpiade tahun 1992 di Barcelona. Sejak itu, impiannya adalah ikut turut mensukseskan dunia perbasketan di negara kelahirannya, Perancis.

Bermula dari sekedar bermain streetball di lapangan-lapangan sekitar tempat tinggal nya, kemudian dengan melihat perkembangan akan kemajuan dunia basket di Perancis, dia pun mempunyai hasrat untuk mengadakan turnamen streetball. Dimulai dengan budget kecil-kecilan, dan tersebar dari mulut ke mulut, maka sedikit demi sedikit, Quai 54 mulai memiliki banyak peminat dan pemerhati basket di seluruh Perancis. Hingga kemudian dengan berjalannya waktu, Quai 54 sukses menjadi salah satu turnamen streetball terbesar dan diikuti oleh banyak pemain profesional, bahkan pemain sekelas NBA sekalipun. Chris Paul, Tony Parker, Manu Ginobilli, dan beberapa nama besar lainnya rupanya pernah ikut meramaikan turnamen tersebut. Dan beberapa pemain nasional Perancis pun pernah turut ikut berpatisipasi di dalam turnamen ini. Dan bukan hanya itu, artis-artis Internasional pun beberapa kali diundang untuk turut hadir mengisi acara di turnamen ini, sebut saja Ludacris, Usher dan Fat Joe. WOW?!?! THAT IS BIG!!

Salah satu acara yang paling dinanti-nanti oleh seluruh penonton dari Quai 54 ini adalah Dunk Contest nya. Dan tentunya, dunker-dunker dari negara-negara Eropa lah yang masih mendominasi dunk contest ini. Salah satu nya adalah bintang tamu kita yang pernah hadir di acara LA Lights Streetball 2009 kemarin, yaitu Kevin “Golden Child” Kemp dan Terry “T-Dub” Cournoyea. Akan tetapi, juara dunk contest Quai 54 tahun ini, yang baru saja diadakan 26-27 Juni 2010 kemarin ini, adalah Guy Dupuy, dengan mengalahkan Kevin Kemp di babak final.

Narasumber:www.la-streetball.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar